Keberagaman

Acara nonton tv ketika kami didudukan bersama didepan sebuah layar yang menyuguhkan adegan perang-perangan dan kekerasan yang berlandaskan RAS tertentu, bakal dipastikan akan muncul mimik muka yang tersenyum atau malah tertawa. begitulah yang terjadi ketika kami dalam satu rumah munggil sedang bersantai melihat tv keluarga yang menyuguhkan adegan-adegan seperti diatas.

keberagamanrumah munggil kami hanyalah gubuk yang dengan keyakinan kesederhaan dan kebersamaan, kami bisa membangun suatu kelompok yang saling berbagi dalam lingkungan keluarga. untuk sebagian orang, rumah kami sering disebut-sebut sebagai rumah yang campur aduk dalam berbagai urusan. termasuk didalam hal urusan mendasar manusia yaitu agama. entah kenapa oleh kedua orang tua kami, dari kecil kami dididik untuk mengenal bagaimana menghargai dan menjunjung tinggi hak orang perorang dalam wilayahnya masing-masing.

ternyata ketika saya sadari bahwa dalam hal prinsip, setiap orang mempunyai tanggung jawab sendiri-sendiri. entah dengan siapa orang tersebut akan menyerahkan tanggung jawabnya, yang pasti, orang lain tentu tidak akan turut campur dalam hal tersebut.
dan disitulah dalam ranah kekeluargaan, orang tua kami tidak pernah memaksa untuk mengikuti suatu ikhwal tertentu dari suatu ajaran tingkah laku yang dituangkan dalam ajaran agama.

kami dari kecil diperbolehkan untuk memilih sesuai nurani kami. kebebasan yang sebebas-bebasnya seperti cerita dari adik-adik menurut orang tua kami. mereka bermain bersama teman-temannya, dan pada suatu kondisi menjelang sore. teman-temannya tersebut membubarkan diri satu persatu. ceritanya mereka mencari tahu kenapa mereka pada pulang menjelang mahgrib. dan ikutlah mereka bersama temannya yang ternyata mereka bertujuan untuk ke mushola untuk mengaji.
dilain tempat, ibu sudah khawatir dengan kedua putra putrinya yang belum juga pulang dari main ketika malam semakin gelap.
selepas mengikuti teman-temannya untuk beraktifitas di mushola, dua orang ceria ini berlarian masuk kedalam rumah dengan masing-masing satu permintaan. yang satu minta sajadah dan kopiah, yang satunya lagi berharap dibelikan rukok dan sajadah. sedangkan ekpresi bapak-ibu melihat kedua anaknya yang merengek-rengek minta sesuatu tersebut hanya mengiyakan.
ternyata setelah mereka berdua makan, bapak dengan dandanan rapi sudah duduk diatas motor untuk berangkat membelikan keperluan yang mereka minta.

kehangatan bagaimana kami berbagi juga tercermin dari bagaimana kami merayakan hari raya masing-masing. ketika musim lebaran tiba, kedua orang tua kami sudah pasti membelikan semua anak-anaknya baju baru. tanpa membedakan siapa yang merayakan, kami sekeluarga akan berkumpul dan bersama-sama merayakan lebaran.
begitu juga ketika hari raya galungan atau kuningan. dengan sabarnya ibu akan membantu bagaimana kami memakai selendang dan baju beserta mempersiapkan perlengkapan ke pura.
terkadang kami bersama-sama berangkat dan diakhiri dengan menonton drama gong khas bali yang selalu ada di setiap perayaan hari raya di pura blambangan yang jaraknya tidak begitu jauh dari rumah kami.

dan untuk saat ini, hanya kebersamaan dan kebahagiaan yang selalu kami jaga. keberagaman membuat kami saling belajar bagaimana kami bertanggung jawab terhadap diri kami sendiri dan nilai tersebut malah semakin membuat bagaimana kami mengerti akan esensi ajaran tingkah laku yang dituangkan dalam ajaran kitab suci.
Selamat belajar kawan..

About Me My Self

Hanya seseorang yang belajar untuk mencari sesuatu yang mungkin akan menjadikannya sesuatu yang akan berguna untuk suatu hari nanti.

03. February 2010 by Me My Self
Categories: All Life | Tags: | 34 comments

Comments (34)

  1. Berkunjung menjalin relasi

  2. Hmm..seneng mas ngeliat keadaan yang di critain sm mas. Tp itu berbeda yang saya alami..

    ths.
    slm knl

  3. alangkah indahya dunia ini bila kita semua bisa itu 🙂

  4. Saling menghargai dan menghormati adalha bagian dari kebahagiaan. salam kenal

  5. waaaah, kok kayaknya ada yang hot” gitu ya adegannya… hehehehehe……….
    waah, kalau menurut aku sich mendingan saling menghormati and tidak merendahkan ras lain aja biar nggak terjadi perang-perangan….
    hehehehe……….

  6. Toleransi itu bikin perbedaan jadi indah, sampai akhirnya kita sadar ternyata selama ini ada perbedaan diantara kita, bahkan yang prinsip, dan kita membiarkan perbedaan itu larut oleh toleransi lagi.

    **aku ngomong apa sih?**

  7. Om Swastyastu. Harus selalu dikembangkan to budaya toleransi Bli, meski prinsip orang berbeda namun akan berjalan dengan harmonis jika ada toleransi antara satu dengan lainnya. Suksma.

  8. Agama yang konon ada untuk kebaikan, malah jadi dasar keributan. Ndak ada bedanya lagi antara agama dengan partai politik. Sama-sama punya ajaran, punya umat, mengaku paling benar, dan sebagainya.

    Maka, pandanglah orang lain bukan dari agamanya, tapi dari budi pekerti dan perbuatannya. 🙂

  9. Keluarga adalah harta yang paling berharga di dunia ini dan kebersamaan serta saling menghargai adalah kunci meraih kebahagiaan.

  10. saling memahami satu sama lain itu sulit.

  11. itulah dia ” Indahnya Perbedaan …. “

  12. Your blog is awfully appealing. Your workshop is tremendous. I desire to be present there. I am contented with your post. I will visit you for more update. Thanks!

  13. setuju sama bli gung pushandaka…kenapa sih sekarang ini orang memandang orang lain dari agamanya, jika orang beragama itu pasti identik tidak baik, atau yang beragama itu, atau ini…

    baru ngeh kalau dari kata Keragaman ada kata AGAMAnya…hehe

  14. perbedaan bikin hidup jadi lebih berwarna

  15. hidup akan terasa sempit jika kita terus mengkotak2 kan diri

  16. Kita di ciptakan berdeda untuk kita saling memahami satu sama lainnya..

  17. benar mas, perbedaan bukan suatu alasan untuk saling membenci 🙂

    btw salam kenal yah mas 😀

  18. yg penting hidup rukun

  19. I like your article and all the great tips that are mentioned on it, it has really helped out. Thanks for share the information.
    I hope you can visit my blog and give me suggestion.
    Thanks again.

  20. ya emank gtu seharuzna bangsa kita… kita mesti ingat bahwa keberagaman itu indah…

  21. keragaman seharus bukan menjadi halangan antara sesama karena keragamanlah hidup ini indahhhh

    hosting murah indonesia indositehost.com | 21 Jam Ikut kontes hosting Murah

  22. great article. hope for the future of this blog is getting good with article more useful and good. ok thanks and god bless you

  23. salam kenal aja semoga makin kreatif

  24. wah keren tuh bro. makasih banyak infonya. salam kena;

  25. wow, keluarga yg hangat dan heterogen skali. baru skarang aq tw yg bgini. d tmpat lain bnyak orng perang gara2 urusan prinsip.

  26. semoga hal yang anda ceritakan akan selalu tetap begitu adanya…..

  27. Keluarga besar…banyak anak…banyak rizqi…

  28. kunjungan perdana,, salam kenal…

  29. Keberagaman itu sebuah anugrah yang patut untuk di syukuri bukan untuk di sokori.

  30. keluarga yang hebat jarang sekali ada keluarga yang bisa saling menghargai kebebasan seperti ini :)what a story ..

  31. hmm full respect has been sent to your family. asik yah hidup di keluarga seperti anda ^^

  32. bagus isinya cukup menarik

  33. Itulah kuasanya tuhan, kuasa menciptakan keberagaman isi dunia ini.

Leave a Reply

Required fields are marked *