Balinese New Year “Nyepi”

Balinese Girls

Balinese new year called nyepi jatuh pada tanggal 19 March. semua persiapan-persiapan untuk upacara menyambut nyepi tentunya sudah di persiapkan jauh hari seperti sarana banten dan perlengkapan upakara yang diperlukan lainnya.
seperti halnya hari ini, orang bali terutama umat hindhu mempunyai upacara yang biasa disebut melasti / mekiyis.
melasti bisa dibilang kata lainnya adalah melelasti yang artinya sendiri adalah “Nganyudang malaning gumi ngamet Tirta Amerta”. dan dalam artian sehari-hari adalah Menghanyutkan kekotoran alam menggunakan air kehidupan. yang mana Segara (laut) dianggap sebagai sumber Tirtha Amertha. dalam melasti ini, berbagai macam pretima “simbol tuhan” di bersihkan dengan tirtha amertha tersebut. upacara ini dimulai pagi hari hingga lewat tengah hari atau ada juga yang sampai sore hari. dan diakhir upacara tersebut, diakhir’e dengan persembahyangan bersama oleh umet hindhu dibali.
Dan siang ini, dipastikan jalan-jalan menuju pantai pasti macet. apalagi didaerah kuta. pantai kuta sering dijadikan tempat untuk melasti / mekiyis bagi beberapa desa didaerah badung. hal ini tentunya menyebabkan trafic jalanan yang dipenuhi oleh umat dan menyebabkan macet.
biasanya moment ini sering di pergunakan oleh rekan-rekan ptotografer untuk hunting foto di pantai kuta ketika acara melasti ini berlangsung.
setelah upacara melasti ini ada lagi upacara-upacara lain yang bila diruntut acaranya adalah.

  1. Melasti.
    Melasti disebut juga melis atau mekiyis bertujuan untuk melebur segala macam kekotoran pikiran, perkataan dan perbuatan, serta memperoleh air suci (angemet tirta amerta) untuk kehidupan yang pelaksanaannya dapat dilakukan di laut, danau, dan pada sumber/ mata air yang disucikan.
  2. Tawur.
    Upacara tawur bertujuan untuk menyucikan dan mengembalikan keseimbangan bhuwana agung dan bhuwana alit baik sekala maupun niskala. Upacara ini dilakukan pada sandikala (pagi, tengah hari, sore). Tilem Caitra, sehari sebelum hari raya Nyepi.
  3. Hari raya Nyepi.
    Sesuai dengan hakekat hari raya Nyepi maka umat Hindu wajib melaksanakan catur brata nyepi.
    Diantaranya adalah :

    • Amati Geni : Tidak Menyalakan Api.
    • Amati Karya : TidakMelakukan kerja Jasmani.
    • Amati Lelungaan : Tidak Bepergian.
    • Amati Lelanguan : Tidak Mengumbar Kesenangan.
  4. Ngembak Geni.
    Hari Ngembak Geni jatuh sehari setelah Hari Raya Nyepi sebagai hari berakhirnya brata Nyepi.

Perayaan Nyepi tahun Caka 1929 ini mungkin bisa dijadikan moment buat semua bahwasannya peredaran / suatu daur / life cycling akan terus berlanjut. dan nyepi besok umat hindhu akan mengalaminya.

Selamat Hari Raya Nyepi & Selamat Melakukan Brata Penyepian bagi Umat Yang Menjalankannya.

About Me My Self

Hanya seseorang yang belajar untuk mencari sesuatu yang mungkin akan menjadikannya sesuatu yang akan berguna untuk suatu hari nanti.

16. March 2007 by Me My Self
Categories: Baliku | Tags: , , | 5 comments

Comments (5)

  1. He he he…
    met nyepi aja bro…
    😀

  2. selamat hari raya nyepi 🙂

  3. smoga hari raya nyepi yg lalu membawa banyak makna baru bagi hidup. salam.

  4. Met nyepi juga bli, hsail hunting moment melastinya tidak dipasang ?

Leave a Reply

Required fields are marked *