Keroposnya Alam Baliku

Pagi ini ketika komputerku memulai aktifitasnya dengan membuka email, komputerku langsung memaparkan bagaimana teman-teman di balioutbound mengkritik dan memaparkan bagaimana alam bali ini akan kembali menjadi objek exploitasi yang berkedok pariwisata. mereka dengan tegas menolak dengan berkunjung ke lokasi danau buyan dan membuat satu spanduk yang isinya “Not For Sale“.

Dengan semangat teman-teman balioutbound memberikan pesan bahwa kawasan danau buyan tersebut bukan untuk dijual dan diekploitasi oleh orang-orang berduit dengan dalih pariwisata. paparan tersebut secara tidak langsung membikin trenyuh dan nelongso “basa jawa” hati ketika melihat bahwa kegiatan tersebut hanya mengejar materi dan income segelintir orang yang tanpa disadari, efek yang ditimbulkan akan memberi dampak yang luar biasa bagi alam bali.

Salut dengan rekan-rekan Walhi Bali yang juga tidak henti-hentinya mengkritisi proyek-proyek yang memungkinkan untuk perusakan alam. mereka dengan segala daya dan upaya mempertahankan alam bali yang sedikit mulai sedikit beralih fungsi sebagai objek yang unsur didalamnya di keruk dengan membabi buta dan menimbulkan efek berkepanjangan dikemudian hari.

Proyek di Danau Buyan ini, menurut rekan-rekan diatas sudah mulai dilakukan pembangunan dan sudah ada beberapa bagian hutan yang di pangkas untuk dijadikan bagian proyek tersebut. seperti laporan teman-teman ada bangunan wantilan,tower, dan saluran limbah yang kemungkinan proyek tersebut akan tetap dilaksanakan. meskipun untuk sekarang ini masih stop dengan alasan adanya ijin dan penolakan masyarakat sekitar.
hmm.. semoga hal tersebut tetap dipertahankan dengan jaminan nurani dan kelangsungan hutan dibali tanpa adanya embel-embel sogokan dan uang yang berkuasa. semoga….

Untuk menindak lanjuti paparan teman-teman diatas, diriku pribadi juga mengajak rekan-rekan yang lain untuk mengetuk nurani dan melihat paparan kejelasan mengenai dampak dan akibat yang mungkin bisa ditimbulkan oleh proyek-proyek yang mulai mengikis alam bali.

Siapa lagi yang akan peduli dengan dunia besar kalau kita sendiri tidak peduli dan tanpa sadar dengan dunia kecil kita sendiri. konsep macro dan micro cosmos ataupun buana agung atau buana alit masih akan tetap ada jikalau kita tetap peduli dengan hal tersebut.

Salam

About Me My Self

Hanya seseorang yang belajar untuk mencari sesuatu yang mungkin akan menjadikannya sesuatu yang akan berguna untuk suatu hari nanti.

22. July 2008 by Me My Self
Categories: Baliku | Tags: , , , | 24 comments

Comments (24)

Leave a Reply

Required fields are marked *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.