Sabar Menghadapi Cobaan

Pernahkah kita merasa bahwa Tuhan sedang menguji kita?

Kita cenderung mengatakan kalau kita ditimpa kesusahan maka kita sedang mendapat cobaan dan ujian dari Tuhan. Jarang sekali kalau kita dapat rahmat melimpah dan kebahagiaan kita teringat bahwa itu pun merupakan ujian dan cobaan dari Tuhan. Ada di antara kita yang tak sanggup menghadapi ujian itu dan boleh jadi ada pula di antara kita yang tegar menghadapinya.

Bukankah Tuhan tidak pernah memberikan beban yang melampui kemampuan manusia? Jadi jika kita menghadapi suatu masalah hadapilah masalah tersebut dengan penuh kepasrahan kepada-NYA. Hanya karena Dia-lah segala sesuatu ada dan tidak ada.

Setiap derap kehidupan kita merupakan cobaan dari Tuhan. Kita tak mampu menghindar dari ujian dan cobaan tersebut, yang bisa kita pinta adalah agar cobaan tersebut sanggup
kita jalani. Cobaan yang datang ke dalam hidup kita bisa berupa rasa takut, rasa lapar, kurang harta dan lainnya.

Bukankah karena alasan takut lapar saudara kita bersedia mulai dari membunuh hanya karena persoalan uang seratus rupiah sampai dengan berani memalsu kuitansi atau menerima komisi tak sah jutaan rupiah?

Bukankah karena rasa takut akan kehilangan jabatan membuat sebagian saudara kita pergi ke “orang pintar” agar bertahan pada posisinya atau supaya malah meningkat ke “kursi” yang lebih empuk?

Bukankah karena takut kehabisan harta kita jadi enggan berbagi rejeki kepada sesama?

Bersabarlah. Karena orang sabar akan selalu mendapat rahmat dan karunia Tuhan.

Memang tidak mudah menjadi orang sabar, biasanya kita akan cepat-cepat berdalih, “Yah.. Sabar kan ada batasnya.” Atau lidah kita berseru, “Sabar sih sabar.. Saya sih kuat tidak makan enak, tapi anak dan isteri saya?” Memang, manusia selalu dipenuhi dengan pembenaran-pembenaran yang ia ciptakan sendiri.

Karena kita semua adalah adalah milik Tuhan dan kepadaNya-lah kita akan kembali.

Setiap musibah, cobaan dan ujian itu tidaklah berarti apa-apa, kita berasal dari-Nya, dan baik suka maupun duka, diuji atau tidak, kita pasti akan kembali kepada-Nya. Ujian apapun itu datangnya dari Tuhan, dan hasil ujian itu akan kembali kepada Tuhan.

Apakah kita rela bila mobil yang kita beli dengan susah payah hasil keringat sendiri tiba-tiba hilang?

Apakah kita rela bila proyek yang sudah di depan mata, tiba-tiba tidak jadi diberikan kepada kita, dan diberikan kepada saingan kita?

Apakah kita menjadi iri dan dengki kita bila melihat tetangga kita sudah membeli TV baru, mobil baru atau malah rumah baru?

Bisakah kita mengucap pelan-pelan dengan penuh kesadaran, bahwa semuanya dari Tuhan dan akan kembali kepada Tuhan?

Kita ini tercipta dari tanah dan akan kembali menjadi tanah. Bila kita mampu mengingat dan mengerti arti kalimat tersebut, di tengah ujian dan cobaan yang menerpa kehidupan kita, maka Tuhan akan memberikan “hadiah” yang setimpal di hari penghakiman nanti.

Sudah siapkah kita menerima “hadiah” yang akan di berikan oleh Tuhan di hari penghakiman nanti?

About Me My Self

Hanya seseorang yang belajar untuk mencari sesuatu yang mungkin akan menjadikannya sesuatu yang akan berguna untuk suatu hari nanti.

02. October 2006 by Me My Self
Categories: Cetivasi | 52 comments

Comments (52)

  1. hadiah? mau donggggg! eh eh baru yah templatenya…

  2. Puanjangnyaaa.
    Yang penting komen.

  3. assalamu’alaikum wr.wb
    nama saya dewi, saya ingin bertanya?saya dilahirkan dari keluarga yang sangat sederhana ,saya lulusan tahun2006,saya ingin sekali melanjutkan kuliah seperti teman2saya karena teman2saya banyak yang kuliah ?saya sadar bahwa kuliah itu membutuhkan biaya yang mahal ,setelah itu saya memutuskan mencari pekerjaan untuk membantu orang tua saya ?bagaimana kah solusinya dan apakah saya bisa melanjutkan untuk kuliah

    • kita tahu bahwa semua sudah ada yang mengatur yaitu Allah. Ingat,bahwa hidup adalah perjalanan untuk mencari ridho Allah dan itu banyak jalannya.Ada yang melalui menjadi dokter,dll.Bukankah kita tahu bahwa Yang Terjadi Adalah YANG TERBAIK DARI YANG ALLAH BERIKAN PADA KITA.Bukan Kita harus utamakan ingin kita tapi jalani dengan penuh ikhlas,yakin pa yang ada.Karena kita tidak tahu sesungguhnya rencana Allah pada kitaaa
      Cayooooo

  4. Sambutlah saat duka cita Sebagai karunia,
    Karena suka maupun duka Datang daripadaNya.
    Bila itu datang dari Dia, Mengapa menolaknya?
    Tuhan selalu menyertai kita Dan mengawasi kita.

    Bila duka cita membawa manfaat, Ia memberi duka cita;
    Bila suka cita membawa manfaat, Ia memberi suka cita.
    Kedua-duanya kita peroleh Sesuai kehendakNya

    with loved, :)

  5. hallo..
    Saya ada mengikuti konfrensi Muda-Mudi baru-baru ini dan khutbah lebih banyak menyentuh tentang UJIAN dan COBAAN..

    UJIAN>>> biasanya dtg daripada TUHAN.
    Tujuan Tuhan menguji kita supaya kita dekat kepadaNYA. Tapi bagi mereka yg TEWAS dlm ujian maka hidupnya boleh jauh dpd TUHAN. (jadi ada 2 kejadian bila TUHAN menguji anda>>1_dekat kpd TUHAN, 2_jauh dpd TUHAN

    COBAAN>>>biasanya dtg daripada keinginan sendiri.
    Ada 2 kejadian bila kita jatuh dlm cobaan (Pertama) bila kita menang kita akan menerima hadiah dpd TUHAN (Hidup yg kekal)..(kedua) bila kita jatuh dlm cobaan maka kita akan jatuh dlm dosa dan dosa jika dibiarkan akan berkembang dan membesar, dan upah dosa adalah maut.

    Tuhan memberkati anda semua..

  6. mohon ijin copi artikel, untuk di baca sendiri
    thanks

  7. salam , blog anda bagus. Memberikan semangat dan pencerahan hidup. makasih. salam
    harapansatria

  8. sabar=cobaan

  9. Saya agak tersinggung mengenai orang pintar yg di salah artikan d sini..bgi mana kalau kt mendatangi orang pintar ternyata orang pintar itu adalah seorang KIYAI dan kt dtng untuk meminta bgi mana caranya agar lbh dekat dan disayangi oleh ALLAH .thanks

  10. Aku..Di tuduh melakukan sesuatu yg tidak penah aku lakukan.. Aku dituduh mencuri..Pdahal pda kejadian nya aku tidak ada pada tempat kejadianya..? Aku br tau dr tmanku sendiri bahwa katanya menurut penerawangan seorang yg pintar.. Smua tuduhan tertuju kepada aku.. Sungguh sedih hati ini.. Padahal ada saksi yg kuat bahwa pda hr itu.. Pda kejadian itu.. Aku tdak ada ditempat kejadian itu.. Aku berdoa smga Allah memberiku kesabaran dan petunjuk utk ku.. Ini pelajaran yg berharga dalam hidupku..

    • Anda sedang diuji saudaraku,anda korban fitnah yg tlh diperbuat oleh “orang pintar”alias dukun terlaknat yg brlindung dibalik agama. bersbrlh aku jg korbn dukun penipu sampe aku kehilangan ank dan istriku. Allah maha tau.perbanyak istighfar sdrku.

      • sabarlah tenang kalian akan tau keberadaan di sana kalau seorang yg menuduh kmu itu akan mengalami musibah dari allah swt..?

  11. bagaimana ya caranya untuk menghadapi tuduhan yang sebenarnya gak pernah kita lakukan sama sekali, gimana caranya jika tiba – tiba orang yang menuduh kita itu datang dan tiba – tiba memaki- maki gimana ya seharusnya kita bersikap? salahah kalau kita menghindar??

    • kalau kita bicara cobaan, kita hanya dihadapkan dengan bagaimana kita menghadapi cobaan tersebut.
      apakah kita berlaku sabar, berlaku tabah, berlaku siap dengan cobaan tersebut, tentunya kepasrahan kita dan bagaimana menghadapi itu yang seharusnya diuji.
      anggapan bahwa kita bisa menghindar tentu akan menimbulkan story yang lain. tyang yakin sesuatu yang salah tentu akan bisa dibenarkan.
      dengan bicara benar, dengan sendirinya beban moral dari diri kita sendiri tentunya akan sedikit berkurang.

  12. aq copy ya! keren bgd . tengs xD

  13. mudah2 cobaan ini cepat berakhir & berakhir dengan kebahagian

  14. “Sabar” adalah salah satu jaln yg mulia bagi kita dlm menghadapi segala permsalahn duniawi, karna sesungguhx Tuhan menyukai (bersama) orang2 yg sabar.
    Semoga kita (yg selalu brsikap sabar) kan selalu di beri rahmat & karunia dari YME.
    AMIN…

  15. saya karyawan suatu perusahaan kontraktor d jatim. Sekarang saya diposisikan siposisi yg bagus malah jarang yang dapat posisi ini dengan cepat. Tapi masalahnya saya ada masalah dikomunikasi dan teman kerja yang meremehkan kemampuan saya. Terus terang memang posisi saya yang baru adalah pengalaman baru bagi saya dan saya tidak pernah berpengalaman sebelumnya. Bagaimana penangannya, trims

  16. orang sabar dekat dg ALLOH

  17. bagaimana caranya mengetuk hati saya sendiri untk belajar sabar??

  18. Saat ini pp sy sdg skt.sdh 2mg lbh d rmh skt.sy merasa sy sdh hmpr pts asa.pdhl sy slalu bdoa pd Tuhan.minta pertolongan-Nya. Stlh sy bc kt2 d atas,sy jd kmbali semangat utk tetap bdoa dan memasrahkan smuanya di tangan Tuhan.krn ku tau,Yesus tdk akan tgl diam.Dia pasti akan menjamah pp ku.

  19. Moga kita slu menjadi orang yang sadar akan sabar. Amin

  20. Jadi saudaraku “orang pintar” dalm kutip itu brrti penulis yg tau maksudnya. setau aku sih org pintr udah di salahartikan oleh msyrkt kita.orang pntr identik dgn dukun berkedok kiai sakti. tengok aja gaya orang pintar alias dukun tu cirinya kalau dilihat ia mnakutkan dan kalau bicara sombong. ia suka pake dalil seolah2 ia paling pintar, ujung nya ia minta byrn,mk hati2lah temanku. kalau orang pintar sejati wajahnya sejuk dihiasi srnyum kalau bicara santun ,rajin ibadah,rendah hati,tdk sombong. wallahu ‘alm

  21. semoga diri q termasuk orang2 yang mendapat hadiah d hari kelak..
    amiiin3x yaaa rabbal ‘alamiin

  22. Wah bagus bgd ceritanya, jd terharu…ayo sabar..sabar…

  23. bermanfaat sekali artel ini siap sabar dalm segala siruasi

  24. Sabar adalah buah dari keimanan seorang hamba kepada Tuhannya.

  25. salahkah jika saya ngerasa bahwa hidup in i tak adil……………?

  26. Tengoklah ke dalam diri kita.
    Sedalam dalamnya ,
    dan bersandarlah

  27. kenapa ya,,, q paling ga enak di diemin sm temenQ,,, q di sangka ngadu perbuatan dia sm temen yg lain,,,
    dia kena marah,,,
    tapi q jg ikut kena marah sm dia,,,
    gmn q ngjelasinnya,,,, ap q hrus sabar,,,

  28. Aku Copy ya,, thanks…..

  29. Alloh memang selalu punya program masing2 untuk makhluk2nya. So jika kita ditimpa kesusahan ya bersabarlah dan jika ada kesenangan maka bersyukurlah..
    Visit akhmad06.student.ipb.ac.id

  30. Makasih bgt ats kta2nya….
    Aku kn Mencoba Menghadapi semua masalah ini??

  31. hdup ini sprti sbuah film
    kita smw pmain na
    N tuhan pnulis skenario na

    apa pun yg kta jlani di khidupan ini
    smw na udh di atur

    smw na trgantung kta
    bgaimna mnyikapi na

    sbar N sll mmohon
    utk khidupan yg lbh baik lgi…

    krn ksabaran itu pzti mmbuah kan hasil yg gax prnah kta duga

  32. Orang sabar di sayang Allah
    Allah tidak akan memberi cobaan di luar batas kemampuan umatnya. Yakinlah semua cobaan pasti ada jalan keluarnya, hadapilah dengan sabar & tawakal

  33. assalamuallaikum…
    saya pengen tanya, saya ini berasal dari keluarga yg sederhana dan alhamdulillah bisa tercukupi semua kebutuhan. tapi batin dan hati saya selalu menderita. tiap hari saya mendapatkan tekanan dari ayah saya. saya dituntut untuk menjadi orang yang sempurna, tapi saya tidak bisa memenuhinya. terkadang saya ingin sekali putus asa, tapi saya takut terhadap Allah. saya hanya bisa pasrah…
    sabar seperti apakah yang harus saya lakukan lagi agar saya kuat mendapat cobaan batin ini??
    untuk jawabannya, saya ucapkan terima kasih.

  34. sabar,,,,smga sj

    smua umat islam bs sabar…amin

  35. aku setuju dgn DIMAS…..

  36. minta ijin copy…thanks

  37. Memang sabar mudah di ucapkan namun berat untuk di terapkan.namun insya Allah bila kita belajar utk sbr ,Allah akan memberi jalan yg terbaik untuk kita.amien…,

  38. sabar memberikan keindahan n memberikan makna dalm kehidup …

  39. Sabar..
    Singkat tapi penuh makna.Kadang menjalaninya perlu dengan berlinang air mata.Tapi percayalah sahabat….
    Tapi itulah tanda kita akan naik kelas.
    Bila kita keluar sebagai pemenang

  40. blogmu bagus,, keren:-)

    Bagaimana ya, agar bisa jadi orang yang penuh kesabaran dalam hidup?

  41. cobaan dan ujian adalah kehidupan
    salah satu penyebabnya mungkin dari diri kita sendiri, kesalahan-kesalahan yang kita perbuat.
    untuk blog ini terima kasih, baguss lanjutkannn!!!

  42. bersabar dapat menenangkan hati,

  43. Bagaimana saya bisa bersabar,hidup saya slalu tertekan batin oleh kdua Ortuku,slalu harus nurut sgalanya dalam arti kata saya harus menghidupi mereka,dimanapun saya bekerja kalau tdk pernah ngasih kepada Ortu,maka saya tidak boleh bekerja..bertahun2 saya harus tertekan smua ini..tolong bgmana solusi nya ?

  44. alhamdulillah…usaha saya mencari kebenaran terjawab udah…terima kasih penulis dan rekan2 yg lain…hati saya tenang sekali bila ingat Allah…bila saya ingat hawa nafsu…rasanya ingin saya berbuat brutal&su’udzon terus…ga tenang nih pikiran sebelum baca ini semua…terima kasih penulis…

  45. tekadang cobaan datang scara bersamaan, & tekadang kita tidak tau harus berbuat apa.& banyakan orang mrasa sedih merenungkan nasip.
    Ini aQ cerita apa yg sering aQ alami diwaktu aQ mrasa dlam ksusahan.
    Dlam khidupan aQ shari-hari, tah napa dlam stiap persoalan, aQ seolah di posisi
    yg trpojok, dalam persoalan, sering seakan aQ ni berada di posisi orang
    yg bersalah, padahal, aQ sama sekali tdak brsalah, n smwa orang menyalahkan & bbenci ma aQ, aQ mrasa tersisih hanya krna persaingan yg tdak sehat.
    Atas apa yg tlah menimpa aQ ini, apakah sikap sabar,pasrah itu dapat
    buat aQ mrasa lebih jdi baik, aQ jga orang yg tdak mau di spelekan
    aQ brani n tdak malu tok brtrus terang, karna aQ mrasa seperti lpas
    dari suatu beban yg ganggu fikiran’Q. Tapi di samping itu, knapa orang
    yg tdak suka dengan sikap’Q, slalu tarik ajas mamfaat dari sikap aQ
    yg mudah percaya dgn ong. Apakah aQ harus merubah sikap agar
    aQ tdak lagi di mamfaatkan orang lain…?

  46. sabar itu pahit tetapi buahnya manis sekali……
    buku islami

  47. Pingback: “ JENGKEL ”

  48. orang yg penyabar pasti mendapat hadiah pahala yg byk dari Alloh SWT.

Leave a Reply

Required fields are marked *