Mari Menanam

Bali Reboisasi Festifal 2011Dengan bercucuran keringat, kami bertiga kembali mengecek beberapa bagian dari tempat penanaman yang belum tersentuh bibit. dan ternyata bagian paling ujung di areal kami masih ada yang belum tersentuh oleh bibit.
Kembali kami menghubungi rekan kami untuk meminta tambahan bibit. kenekatan kami bertiga untuk meminta tambahan bibit ternyata direspon semesta dengan kembalinya rombongan dari SMA 1 Kintamani yang membawa bibit dan mereka menuju ke arah kami.

Saya, Bowo dan Didi mulai beraksi dengan mengarahkan dan melakukan penanaman dengan keringat yang mulai membasahi baju kami. panas yang menyengat tidak mengurangi semangat rekan-rekan siswa yang membantu kami mengeruk tanah, membuka plastik bibit dan menanamnya sampai tahapan terakhir dengan menyiramkan air secukupnya pada bibit yang ditanam.
Tidak lebih dari 15 menit bibit sudah habis ditanam. tetapi kami melihat bahwa masih ada beberapa area yang belum ditanami.
Dengan menyakinkan rekan-rekan siswa bahwa akan ada supply air minum dari panitia, kami kembali meminta bantuan mereka untuk menanam bibit yang kembali kami datangkan.

Dan pada akhirnya, kewajiban dan tanggung jawab kami menanam bibit di lereng gunung batur ini terpuaskan dengan luasnya area yang kami tanam. terima kasih atas kerjasamanya teman dan rekan semuanya.

Dan secara pribadi acara Reboisasi Festifal 2011 ini lumayan sukses dengan beberapa note yang menurutku perlu dievaluasi sehingga pada awal perencanaan sampai pada pelaksanaan dilapangan bisa bersinergi dan tujuan utama untuk penghijauan lahan lebih mengena.

Dengan target tanam 6000 bibit, acara pada hari minggu 4 Desember 2011 terselengara dengan kerjasama beberapa komunitas diantaranya Bali Outbound Community, Bali Berkebun, B2W Bali, Rotarac Bali, Bali Blogger, dan lain lainnya.
Tentunya sebagai motor adalah Yayasan Bali Hijau Lestari.

Pohon Untuk Ima

Tergolek lemah dengan penyakit yang dideritanya, rekan kami yang bernama Ima tersenyum ketika mendengar berita rekan-rekannya akan ada acara reboisasi. sedikit tersirat dari raut mukanya bahwa beliau akan dengan senang hati bersama kami para sahabatnya turun kelapangan tempat menanam bibit.

Tetapi dengan seiring waktu berjalan, tugas Ima untuk menanam ternyata tidak bersama kami di festifal reboisasi batur. tetapi beliau dipanggil sang Widhi untuk menanam benih yang entah ada dibagian mana di dunia ini.

Ketegarannya menghadapi kenyataan menginspirasi kami untuk selalu semangat menjalani sisa nafas yang sekarang kami hembuskan.
Bersama-sama kami melanjutkan semangatmu dengan membawa dua bibit tanaman sebagai tanda kami akan tetap dalam semangat kebersamaan dan lestari.

Selamat jalan kawan, selamat menemukan keabadian di sana.

Tulisan Rekan-rekan yang Lain :

About Me My Self

Hanya seseorang yang belajar untuk mencari sesuatu yang mungkin akan menjadikannya sesuatu yang akan berguna untuk suatu hari nanti.

08. December 2011 by Me My Self
Categories: Community | Tags: | 223 comments

Comments (223)

  1. mantep sob infonya!
    thanks sharenya yah!

  2. sip lah kalo gitu. Mari kita budayakan menanam karena ini demi kebaikan kita bersama juga.

  3. makasih udah mengingatkan mas, saat ini halaman rumah saya kebetulan emang gersang dan mau nanem pohon lom sempet-sempet, akhirnya habis baca artikel ini jadi pengen buruan nanem hehe, thx bos

  4. perlu sekali untuk menghijaukan bumi

  5. mari hijaukan bumi ini :D
    hehehehe

  6. tingkatkan menanam biar indonesia makin hijau dan kaya air bersih :)

  7. Saya sedikit khawatir melihat kondisi hutan indonesia yang kurat terawat dan asri. disatu sisi kita saudah bisa merasakan akibat dari pemanasan global, kerusakan alam, tapi kebanyak mereka gak peduli dan terus membabat hutan.

    Magna Transforma

  8. Nice article. thanks for sharing!

  9. gan steady wiiiih info,,, thank yoooo ajah hopefully more successful,,,, regards bloggers :)

  10. bertanamlah yang rajin, karena dengan bertanam sama dengan mencintai lingkungan sekiar….

  11. Terima Kasih Atas Sharing dan Ilmunya, Bermanfaat Sekali Untuk Saya. Sangat Membantu. Salam Kenal, Jangan Lupa Berkunjung Juga Di Blog Saya

  12. wah hebat bisa tanam 1000 p0h0n per kecamatan bagus itu

  13. waktunya kita melestarikan alam..

  14. matab gan artikelyah sukses selalu

  15. thanks buat infonya,,,

  16. makasih ni gan infonya,,

  17. kok komentarnya pada kosong gini?

  18. Saatnya untuk menyayangi bumi salah satunya dengan gerakan menanam 1 milyar pohon ….

  19. Marilah kita rawat bumi kita ini dengan baik :)

  20. setuju banget gan, mari kita lestarikan alam untuk diwariskan pada anak cucu kita.!

  21. saatnya untuk menyayangi bumi kita dengan menanam, kan nanti anak cucu kita juga yang merasakan keindahannya..

  22. thanks gan infonnya, jdi saya akan lebih menyayangi tanaman..

  23. makasih infonya gan

  24. langkah awal yang bagus, lanjutkan!

  25. Semakin lama bumi penuh dengan bangunan karena ledakan jumlah penduduk, manfaatkan walau sejengkal untuk menanam pohon

  26. Mari menanam pohon sehingga anak cucu kita tidak menyalahkan kita nantinya, hutan yang gundul ditanami, pembalak liar ditangkapi, ternyata dibelakngnya ada oknum aparat, oh nasib negri ini sungguh ironis

  27. setuju gan,sudah waktunya kita melestarikan alam ini .. salam kenal gan 😀

  28. ane suka kegiatan nya…memang kita harus menjaga alam kita yang sudah hampir rusak ini dengan kegiatan yang bermanfaat.seperti kegiatan di atas.supaya tetp lestari.

  29. Informasi yang sangat menarik, kegiatan yang sangat bagus dan mulia, dengan mengedepankan kegiatan itu tentunya kita akan lebih sejahtera, terutama anak2 kita kelak. makasih atas infonya.

  30. kegiatan yang pantas untuk diikuti oleh semua masyarakat indonesia. makasi atas postingannya gan, semoga ini daat menjadi suatu bahan pelajaran untuk sahabat bloger, bahwa pentingnya kegiatan menanam. salam sukses.

  31. waah…asik nih kegiatannya

  32. yeyyyy, buat lingkungan kita kebih indah dengan penghijauan 😉

  33. artikel yg sangat saya sukai…
    thanks gan..!

  34. ayo budi dayakan menanam.jadikan bumi kita bumi yang subur dan hijau dan indah ,bebas dari banjir,udara menjadi segar

  35. 1 orang perlu 2 pohon…mari kita menanam pohon !

  36. wah artikel yang sangat bermanfaat gan ,, mari hijaukan bumi kita ,, 🙂

  37. terima kasih buat infonya gan…semoga terus memberikan info2 terbaik lainnya,, like it

  38. thanks gan artikelnya sangat bermanfaat, ditunggu postingan berikutnya..izin bookmark dl ya..^_^

  39. iya nih gerakan penghijauan..
    gak kaya di kampus saya gersang..
    universitas bla bla bla…

  40. enak neeh gan

  41. wah, terima kasih atas infoya sob,,,bermanfaat sekali nih,,
    ditunggu update’an artikel terbaik lainnya sob,,, i like

  42. nice info gan, makasih

  43. mari kita mulai menanam!
    untuk anak cucu kita kelak!

  44. thanks artikelnya mantap izin bookmark ya..^_^

  45. Setuju kang..
    lanjutkan kata pak sby

  46. biar nggak banjir yahh ??

  47. hey..your article so interesting guys 🙂

  48. terimakasih yah atas infonya

Leave a Reply

Required fields are marked *