Bersepeda ke kantor

Dari beberapa minggu ini kegiatan weekendku diisi dengan touring memakai sepeda. bersama teman-teman di Bike to Work Chapter Bali, kami mencoba mencari keringat dan berwisata ketempat-tempat yang mungkin aku sendiri nggak kebayang kalau alam bali masih  menyisakan tempat untuk dinikmati dengan memakai sepeda.

Diawali touring ke arah luwus, akhirnya aku sendiri memantapkan tekad untuk memulai bersepeda kekantor. hal ini aku lakukan minggu lalu dengan menempuh jalur normal ketika aku menggunakan motor. jalur yang aku lalui melewati renon->diponegoro->hasanudin->thamrin->gunung agung->poltabes denpasar->muding->kantor.

Waktu tempuh ketika menggunakan sepeda terpaut hanya 15 sampai 20 menit dibandingkan menggunakan motor. dengan menyisihkan waktu bangun untuk lebih awal, badan jadi lebih seger ketika sampai dikantor dilanjut mandi dan bekerja. so.. mau sehat dengan cara bersepeda..??

Catatan Ketika Bersepeda Ke Kantor.

Alasan :

  • Olah Raga
    Sebagai seorang kacung dan buruh pada sebuah perusahaan, aku dihadapkan dengan pekerjaan yang menjadi rutinitas dalam tiap minggu. 8 jam sehari didepan monitor, pulang untuk istirahat, balek lagi kekantor esok harinya. dan itu berlangsung secara kontinyu. dan waktu untuk menjadi bugar dan sehat dengan berolah raganya kapan.?
    naah.. salah satu solusinya adalah bersepeda. meskipun aku jalanin bersepeda ini masih dalam hitungan 2kali dalam seminggu. tapi setidaknya keingginan untuk berolah raga itu ada. :D. “inget…harta yang paling berharga itu adalah kesehatan.!!”
  • Penghemat’an
    Kalau anda saya tanya, solusi anda apa atas kenaikan BBM dan bahan pokok. sedangkan gaji anda tidak naik.?
    kalau jawabanku yaa berhemat.. 🙂 entah hemat duit bensin, duit service motor, dan hemat-hemat yang laen. tentunya sudah pasti solusi hemat disini adalah  jarang membeli bensin. :D. “kalau dulu uang lebih buat beli bensin, sekarang uang lebih bisa dipake makan. he.he.”
  • Ikutan Kampanye Pemanasan Global
    Sudah paham dampak dari pemanasan global.?? kalau sudah, apa yg bisa untuk membantu hal tersebut.? tentunya adalah mengurangi jumlah emisi yang keluar dari asap kendaraan. dan sudah pasti lagi kalau dengan bersepeda, emisi yg dikeluarkan (entah kentut,keringat,bersin,dll…) masih bisa dikatakan mendukung global warming itu. hmm…. kapan lagi bisa andil dan turut serta dalam kampanye kalau tidak dari diri sendiri. 🙂
  • Hobby
    Jaman aku kecil dulu paling seneng bersepeda kekampung-kampung untuk sekedar jalan-jalan dan berkumpul sama teman. udah gede gini bayangan cerita masa kecil akan langsung berbekas ketika aku sendiri ada diatas sepeda dan melewati persawahan. mmm.. ternyata hobbyku waktu kecil tersambung kembali lewat B2W ini. “inget bapak ngajarin sepeda,inget jatuh kekolam,inget dikejar anjing…. pokoknya nostalgia lengkap akan didapat ketika anda bersepeda”
  • Menambah Teman
    Aku sendiri paling senang untuk bertemu teman baru. entah menggagumi profile teman baruku,bercanda,ataupun berdiskusi. itulah enaknya pertemanan. 😀 prinsipku sendiri, teman itu adalah saudara jauh. apalagi menurut teori darwin kita adalah satu ras dari mahluk yang berdiam di sangeh sana. hi.hi.hi
  • Nambah Pede
    loh.. kok bisa nambah pede.? coba deh.. kalau nggak percaya.
    memakai kacamata item, memakai helm, bersarung tangan, dan menggendong tas yang isinya peralatan tempur dikantor. expresi orang ngeliat… wahh.. org ini hebat banget kekantor bersepeda (“yaa iyalah…aku gituloh”), wahh.. tasnya gede banget, kok kuat seh naek sepeda (“lahh.. situ nggak tau yaa..,didalam tas ini lengkap ada rantang nasi dan lauk pauk. 😀 “).
    itu sedikit pembicaraan orang-orang ketika melihat mahluk bersepeda dikantor. dan kalau bersepeda terus dilihat orang dengan mata jelalatan jangan kaget, entah mereka ngeliat karena kagum, aneh, ataupun dianggap orang gila. 😀 tapi pastinya level pede kita akan bertambah. he.he.he

Tertarik?? dan Merasa Tertantang Untuk Bersepeda Kekantor.??

berikut persiapannya.

  1. Sepeda
    Sudah tentu perangkat wajibnya Gowes’er. anda bisa memilih jenis sepeda dan kisaran harga yang masuk kebudget anda. jenis sepeda dan harga bisa dilihat disini. dari yang harga 500rb sampe puluhan juta rupiah.
  2. Rute Perjalanan
    Pemilihan rute sebagai pertimbangan untuk mencari jalur terdekat atau terjauh tergantung keinginan kita. dan tidak lupa untuk inget-inget posisi tambal ban atau RS terdekat untuk jaga-jaga kalau tiba-tiba anda kepingin pingsan karena kecapek’an. 🙂
  3. Kesiapan Sepeda
    Seperti biasa untuk selalu ngecek kesiapan dan kelayakan fungsi dari beberapa part sepeda. seperti Rem, Transmisi Gear, Tekanan ban, bahkan kalau perlu ban dalam sepeda+pompa tangan.
  4. Perangkat Keamanan
    Ini yang sangat diperlukan untuk menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan ketika kita bersepeda. mungkin juga perangkat vital keselamatan bersepeda.
    – Helm : Sebagai Anti matahari dan Anti benturan
    – Kacamata : Melindungi mata dari terik matahari ataupun debu
    – Baju : Diusahakan warna cerah agar keliatan pengendara kendaraan yg lain.
    – Lampu Penerangan : Bagian belakang lebih berfungsi banyak karena sbg penanda sepeda waktu malam hari.
    – Sarung Tangan : Keringat ditangan biasanya akan mengganggu ketika kita memegang handle bar.
    – Kunci Sepeda : Setidaknya keamanan sepedanya sendiri harus diperhatikan.

Filosofi Sepeda

“Bahwa kesabaran, keuletan dan rasa percaya diri serta yang tak kalah penting bisa mengukur kekuatan diri adalah sesuatu yang harus kita miliki manakala kita sedang mengalami cobaan atau tantangan dalam kehidupan, sama dengan saat kita dihadapkan pada medan tanjakan yang berat. Demikian juga pada saat menurun, kita harus extra waspada dan hati-hati, jangan Eforia, jangan lupa diri, karena disana sama dengan ketika mendapatkan kesenangan dan kemudahan yang diberikan oleh Tuhan YME, jika kita lengah, maka jurang disamping siap untuk mengubur kita kedalam kesengsaraan “

 

“Ketika mengendarai sepeda di medan yang banyak rintangannya maka fokus mata jangan kepada rintangan tersebut, misal batu dan pohon, sebab jika mata kita fokus pada rintangan tersebut maka secara tidak sadar tangan kita akan mengarahkan jalannya sepeda justru ke arah rintangan itu. Jadi dengan kata lain fokuskan mata pada celah atau jalan yang dapat dilewati sepeda. That’s life!!! Jika ingin menuai sukses maka jangan fokuskan diri anda pada masalah atau halangan, tetapi pusatkan saja perhatian pada peluang, solusi, atau jalan keluar.”

Quote

ayo bersepeda, bersepeda kemana mana, ke kantor, ke rumah..

kurangi polusi..

kurangi pencemaran..

selamatkan lingkungan,

selamatkan bumi,

selamatkan diri.

About Me My Self

Hanya seseorang yang belajar untuk mencari sesuatu yang mungkin akan menjadikannya sesuatu yang akan berguna untuk suatu hari nanti.

04. June 2008 by Me My Self
Categories: Bike to Work, Personal | Tags: , , , | 44 comments

Comments (44)

  1. Luv u muach muach dahhhh … ayo kita bersepeda lagi 😀 *wink wink*

    #:-* juga.. hi.hi.hi..

  2. mantap sekali bro..

    btw, kantornya di muding?

    *ngumpulin duit buat beli sepeda

    # yoih.. kantor ada didaerah muding indah.
    nggak usah ngumpulin.. kredit aja di planet bike gunung agung.
    bunga 0%, dicicil 6 kali.. buruan..!!!

  3. wah pantesan tambah kurus…
    klo aku ke kantor jogging sambil lari2 kecil (saat dikejar dogie), lumayan olahraga juga…
    salam buat semuanya

  4. Sepeda berapaan ya bli?
    Menarik sekali….
    *ngumpulin duit buat beli sepeda juga

    #sepeda macem-macem bli.. tergantung pilihan.
    nggak usah ngumpulin.. kredit aja di planet bike gunung agung.
    bunga 0%, dicicil 6 kali.. buruan..!!!

  5. Suatu contoh yang sangat2 bagus, ..perlu dibudayakan nih, gimana kalau BBC bikin acara sepeda bareng?,pasti asyik…!

    #Ayookk… siapa takut bli..

  6. Waduh bagus itu kalau naik sepeda berarti ngirit juga sehat tapi kebayang pasti cape banget.

  7. Idenya bagus juga. 🙂

  8. Beh raga kepingin puk…cuma sing bisa meli sepeda,kuda sik hargane, ane bisa dogen…Untuk ke kantor, wah gak dah dulu, Uli Sanur ke KeboIwa Padang Sambian lumayan, pa lagi harus masuk pagi jam 5 dan pulang jam 12 malam…

  9. dua tahun lalu beli polygon 2 biji di planet bike juga, tapi itu dah…jadi pajangan saja. memulai hanya buat bawa ke renon susaaaaaahhnya minta ampun. apalagi badan sudah overweight gini..ada tipsnya gak? kalau bawa kerja rasanya gak sanggup. karena tiap hari bisa di 3-4 tempat ( panjer-tuban-gatsu-sudirman).
    kalau ada yang mau pinjem sepeda saya, boleh…

  10. sekarang aku malah walk to work neh bli, sepertinya sama irit dan sehatnya 😀

  11. Sekarang Lgi kepikiran Bike To Work nih..

    Kemarin malam ngisi Pertamax jadi ngeri, 9.900/liter :((

  12. ga deh bli, terima kasih 🙂
    jarak rumah-kantor 30km, kasian sepedanya hehehe

    salam kenal 🙂

  13. sama dong Bli yanuar, aku udah mulai awal mei ini B2W an dari daerah sedap malam ke sanur, btw asyik juga gowesan ijonya yang baru, hehehhehe
    cuman settingan shock breaker depan gowesan sampeyan kayanya koq jauh lebih ringan dari vectorku ya, dan rantainya kalo gigi rendah ngegeser2
    “I BIKE THERE FOR I AM”

  14. siapanya Andreas nih?

  15. saludos buat pakdedos! aku sementara blm bisa.
    belum kuat iman. 😀

    *raja ngeles..

  16. saya juga beralih seringnya pake motor sekarang biar lebih irit 😀

  17. Wah keren bgt, sayangnya belum bisa neh disamping lokasi kerja yang jauh, medannya juga lumayan berat, dan waktunya ga cukup secara masih urus anak dan misua sebelum ngantor.

    *ngeles juga*

  18. Melihat jumlah kendaraan pribadi yang makin banyak, rute jalan ke kantor yang terlalu lebar dan kurang aman, pengendara motor dan mobil yang tak punya empati… rasanya naik sepeda ke kantor cuma jadi m impi saya.. padahal pengen banget.. Biar irit truss jadi makin sehat bonusnya langsing pula… hehehehe

  19. Waduh, kalo rumah di bekasi lalu kantor di senayan masa saya naik sepeda juga bos…. jam berapa berangkat nya tuh …. heheheh

  20. yang pasti sehat ..lan tambah kurus 🙂

  21. hooh…udah hampir sebulan ini, ke kantor anter jemput mlulu, coz motor dipake buat nyari duit laen 🙂
    jadi kepikiran nyicil sepeda nih, kmaren juga dah sempet ambil brosur di polygon gunung agung itu..

    sekedar tips..biar nafas tidak cepet habis, bersepedah lah rutin dan KURANGI ROKOKNYA 🙂

  22. sdoh sepedaku rusak jadi ga bisa bersepeda

  23. waaakss sepedanya ampe puluhan juta rupiah gitu..malah bikin tekor kantong 🙂

  24. @Balisugar #Capek urusan belakangan brur.. nyang penting sehat.. hi.hi.hi..
    @IMCW #ayoo dok.. ikutan kampanye hidup sehat dan global warming.. 😀
    @bogeloblast #seng bisa meli.?? juragan kok nggak bisa beli.. hi.hi.hi..
    @Oka Negara #tiap sabtu B2W ada rute ngegowes dok.. kalau mau ikutan juga boleh. atau kalau males jauh, bisa ambil rute joging track sanur.
    bolak balek joging track sanur naek sepeda lumayan bikin keringetan. 😀
    @Anima #keren tuh prim.. dulu aku kepikiran W2W juga. tapi takut disangka orang gila. 😀
    @Venuz #ayoook ndul.. ganti’en sepeda motormu.
    @Penyu #kok kasihan sepedanya.. harusnya kasihan sepedanya dianggurin / didiemin.
    @Mashadi #he.he.. Welcome to The Club Sehat Gowes’er mas.. aku masih nggak mudeng settingan sepeda mas.. masih belajar ngoprek sepeda. 😀
    @fenny #Aku downlinenya Andreas fen.. hi.hi.hi..
    @Anton #Diajak sehat kok ngeles. ha.ha.ha..
    @Dudie #yaa.. bersepeda hanya alternatif kok.. disamping ngirit juga sehat kan.? 😀
    @Mbok Gex Indi #alasan ngelesnya masuk… yaaa lanjutkan jadi ibu yang baek mbok.. he.he..
    @Biyung Nana #ahh.. itu hanya alesyan+pikiran org yg takut nyoba :D. darimana tau rasa pedes kalau nggak nyobain makan cabe dahulu. hi.hi.hi..
    @IanBali #wahh.. coba bli ian liat di websitenya B2W, pasti banyak kok jalur2 ygdibuat termasuk jumlah orang dan barengan bersepeda kekantor.
    @Diah #yaa pasti mbak.. tapi kalau kurus rasanya enggak. 🙂 paha yang malah melar.. hi.hi.hi..
    @Novan Kojaque #Ayooo sir.. langsung order aja. toh juga deket dalung – kerobokan.
    kl tipsmu ngurangi rokok nggak berlaku… ha.ha.ha..
    @pLuTo #dibawa kebengkel aja…

  25. smp-sma sempet rutin naik sepeda..masi ada di gudang..kangen lg kayaknya..sempet ikut2an rally sepeda gitu jg..tp blm punya helm khusus..kapan lagi ya.. 🙂
    dah turun brp kilo bli bb-nya?

  26. Salut banget bisa kayak gini. Salut!

  27. Salut!!!! Gila kamu Yan, jauh tuh. Aku kawatir klo bersepeda terus, entar malah belok-belok di sekitar kantor. Untuk apa ? Cari kost-kostan. Biar deket ma kantor xixixixixi.

  28. Saluut to Yanuar, tapi saya belum sanggup karena tempuh jarak Sanur – Nusa Dua PP, pake motor biasa 45 menit sekali jalan, ngebut 30 menit, kalau pake sepeda gayung bisa lebih dari se-jam, blom sanggup nih, kecuali kantor di sanur malah bisa jalan kaki, hehehehe…..

  29. kantor di muding? kita akan deketan dunk nanti.. saya mau ikutan ah naek sepeda. betis gede ga sih jadinya? 😀

  30. @Dani # BB baru turun 2 Kg dok. ada tips nggak dok.??
    @Deddy # Thanks..
    @Hendra W Saputro # Ayooo mas.. bersepeda… biar nggak ngos-ngosan nanti naek ke Gunung Agung. he.he..
    @Gede Mantra # Itulah asyiknya bli.. bikin schedule 1 kali seminggu Bike to Work. sekalian ngelatih bangun pagi+bikin badan sehat.
    @Dewi # Udah pindah ke muding wi.?? Betis nggak bikin gede. Tapi malah bikin Seksi.

  31. wah duluan racunnya bereaksi nih hahahahahahahhaha…aku kayaknya b2w mulai next month..kalo jadi resign dari sini dan working at home…makin jadi rajin gowes-gowes deh, 3 minggu aku absen nok Yan…bete banget

  32. aduh sayang saya tidak punya sepeda
    padahal pengen banget nyoba hiks,,,,,,,,,

  33. Kalo di kota (Jakarta misalnya) besar agak susah make sepeda, kita mulai dari daerah2 yg memungkinkan tuk bersepeda…..
    Kalo gitu aku hrs blajar lagi nih, maklum udah lama g pernah naik sepeda…..

  34. pengen 🙂 tapi nunggu kaki saya bisa gowes dulu dg normal.
    *ngeles juga

  35. Yang penting mejeng lagi sini, huhuy

  36. saya baru mau memulai he..he…
    salam kenal ya….

  37. hayoooo mari kita galakkan bersepeda ! hemat energy, polusi and sehat

  38. Salut… boleh ditiru neh..
    Bagus pake rompi yang warna hijau kekuningan itu (fluorescent) untuk safety biar lebih gampang dilihat kendaraan. Bisa buat bicycle lane ga ya kira2 di Bali..

  39. back to walk n bike to work

  40. risma mo naik sepeda klas II SMP ini. kasian ibu nganterin terus. kalo punya sepeda yg ga kepake, boleh disumbangin ke saya ya om. sepeda apa aja. boleh sepeda mini atau sepeda motor??? hehe

  41. pengen sih pake speda kalo ke kampoes. tapi kl dari tabanan ke denpasar…. mesti mikir2 dulu kali yah ato mungkin tar kalo udah kos aja.

  42. ** ngliat2 harga sepeda…

  43. Sekarang masih pake sepeda ke opis nya? 😕

Leave a Reply

Required fields are marked *