Sudah Seminggu

Jumat, 2 Februari 2007

Menurut Tanggalan di bali,

Wuku : Medangkungan
Saptawara : Sukra
Pancarawa : Kliwon

Dwiwara : Menga
Triwara : Pasah
Caturwara : Sri
Sadwara : Tungleh
Astawara : Sri
Sangawara : Dangu
Dasawara : Sri

Menurut Tanggalan Hijriyah,
Tanggal 2 Februari 2007 Bertepatan dengan hari Jumat Kliwon tanggal 14 Muharam 1428

Menurut Tanggalan Masehi,
Tanggal 2 Shafar 2007 Bertepatan dengan hari Selasa Kliwon tanggal 18 November 2568

tepat jam 13.00 Waktu Indonesia Barat, seseorang yang sudah terlalu banyak menyelami hidup, mengerti akan jalannya kehendak, dan paling mengerti tentang bagaimana bersabar, akhirnya dipanggil kehadapan Tuhan YME.

Masih ingat ketika beliau mencoba mengingatkan akan hal-hal tidak baik, Memberi pengertian tentang bagaimana seseorang itu berkorban, menyelami arti kepasrahan, dan banyak hal yang bagiku mungkin hanya wacana seseorang.
sekedar wacana yang mungkin hal tersebut belum terbiasa didengar oleh kupingku. atau mungkin juga aku masih terlalu muda untuk mendengar semua cerita beliau.
tetapi semua yang beliau ceritakan seakan kembali terkenang. ketika menyadari bahwa tidak adanya kehadiran beliau. seakan beliau duduk dengan tenang disamping dan mulai bercerita.

Cerita-cerita beliau kembali muncul di kepala, seakan ada perputaran otak ketika aku dengan acuhnya atau sambil bermain mendengarkan cerita beliau. entah mengapa hal tersebut kembali muncul. apakah ini hanya sebagai pengingat jejak-jejak yang beliau tinggalkan. atau hanya nurani yang bicara bahwa hal-hal yang beliau bicarakan akan berguna kelak.
entahlah…

Sedih juga ketika mendengar bahwa beliau dimakamkan sebelum aku melihat jasad beliau, akhirnya dalam perjalanan menuju kerumah, aku mendengar bahwa beliau sudah di makamkan dan diiringi dengan hujan yang sangat deras.
dan besoknya paman yang paling tua berbicara padaku bahwa sebetulnya kepingin menunggu aku dan yang lain, tetapi karena kondisi saat itu sudah diserahkan ke dia, maka keputusannya adalah diberangkatkan siang itu juga. (“aku hanya tersenyum mendengar cerita itu.”)

Akhirnya sudah genap seminggu beliau meninggalkan kami semua, dengan semangat penghayatan dan kepasrahan kepada beliau. semoga amal dan ibadah yang beliau lakukan selama hidup menjadi bekal untuk menghadap agar diterima di sisi Tuhan YME.

Selamat Jalan Mbah, Selamat Menempuh kebebasan yang maha luas.
Kami Akan Selalu Mendoakanmu.

About Me My Self

Hanya seseorang yang belajar untuk mencari sesuatu yang mungkin akan menjadikannya sesuatu yang akan berguna untuk suatu hari nanti.

08. February 2007 by Me My Self
Categories: Personal | 2 comments

Comments (2)

  1. jadi inget terakhir kali arie tidur disebelahnya Mbah sambil pegangin tangannya … hiks hiks hiks

    hiks … selamat jalan mbah … semoga amal dan ibadahmu diterima disisi-Nya …

  2. kematian adalah awal dari sebuah kehidupan abadi.

Leave a Reply

Required fields are marked *