Jatuh Cinta Sebagai Kejadian Spiritual

Jatuh Cinta Sebagai Kejadian Spiritual
Oleh: Gede Prama

Setiap orang pernah jatuh cinta. Umumnya, jatuh cinta itu terjadi pada orang dengan lawan jenis. Tidak ada satupun kata-kata yang bisa mewakili perasaan jatuh cinta. Sebutlah kata senang, gembira, bahagia, bergetar, berdebar, takut kehilangan, cemburu, ingin selalu bersama, semua terlihat bersinar dan menyenangkan, tetap saja tidak bisa mewakili seluruh nuansa jatuh cinta.

Biasanya yang lama diingat orang melalui kejadian-kejadian jatuh cinta adalah perasaan-perasaan yang ada di dalam. Memegang tangan pasangan saja membuat jantung berdebar. Melihat matanya yang dibalut senyum bisa membuat terkenang-kenang selamanya. Kata-kata pertama yang menunjukkan lawan jenis kita tertarik dan jatuh cinta pada kita, bisa menjadi satu rangkaian kalimat yang terdengar di telinga setiap hari. Memperhatikan rambut, tata krama, cara berpakaian, cara bicara lawan jenis kita, semuanya tampak pas dan sempurna. Dan pada akhirnya membuat kita seperti memiliki dunia ini seorang diri.

Inilah rangkaian hal yang membuat cinta diidentikkan dengan perasaan (feeling). Banyak sudah lagu, film, sinetron, novel, syair, puisi yang lahir dari sumber cinta sebagai perasaan. Kalau kemudian banyak yang memberikan kesan cinta itu cengeng, lemah, tangisan dan sejenisnya, itu hanyalah sepenggal pemahaman tentang cinta sebagai perasaan.

Ada dimensi kedua dari cinta yang layak dicermati setelah cinta sebagai perasaan, yakni cinta sebagai sebuah kekuatan (power). Coba perhatikan pengalaman jatuh cinta kita masing-masing. Ada kekuatan maha dahsyat yang ada di dalam diri, yang membuat badan dan jiwa ini demikian perkasanya. Seolah-olah disuruh memindahkan gunungpun rasanya bisa. Hampir tidak ada penugasan dari lawan jenis yang kita cintai yang tidak bisa diselesaikan. Mulut ini seperti dengan cepatnya berteriak : bisa !

Bermula dari pemahaman seperti inilah maka Deepak Chopra dalam The Path To Love, menyebut bahwa jatuh cinta adalah sebuah kejadian spiritual. Ia tidak semata-mata bertemunya dua hati yang cocok kemudian menghasilkan jantung yang berdebar-debar. Ia adalah tanda-tanda hadirnya sebuah kekuatan yang dahsyat. Persoalannya kemudian, untuk apa kekuatan dahsyat tadi dilakukan.

Kaum agamawan nan bijaksana menggunakan kekuatan terakhir sebagai sarana untuk bertemu Tuhan. Usahawan yang berhasil menggunakan tenaga maha besar ini untuk menekuni seluruh pekerjaannya. Ibu yang mencintai keluarganya mengabdikan seluruh tenaganya untuk mencintai anak dan suaminya. Pekerja yang menyadari kekuatan ini menggunakannya untuk bekerja mencari harta di jalan-jalan cinta. Banyak orang yang dijemput keajaiban karena kemampuan untuk membangkitkan tenaga maha dahsyat ini.

Anda bisa bayangkan, tentara Inggris yang demikian perkasa harus pergi dari India karena kekuatan cinta Mahatma Gandhi beserta pejuang lainnya. Negeri ini dideklarasikan secara amat gagah berani melalui cinta duet Sukarno-Hatta. Demokrasi Amerika berutang amat banyak pada cinta George Washington. Raksasa elektronika Matsushita Electric dibangun di atas tiang-tiang cinta Konosuke Matsushita. Microsoft sampai sekarang masih dipangku oleh kecintaan manusia luar biasa yang bernama Bill Gates. Sulit membayangkan bagaimana seorang Jenderal besar Sudirman bisa memimpin pasukan melawan Belanda dengan badan yang sakit-sakitan, kalau tanpa modal cinta yang mengagumkan. Wanita perkasa dengan nama Kartini mengambil resiko yang demikian tinggi untuk mengangkat derajat kaumnya, apa lagi yang ada di baliknya kalau bukan kekuatan-kekuatan cinta.

Boleh saja Anda menyebut rangkaian bukti ini sebagai serangkaian kebetulan, tetapi saya lebih setuju dengan Deepak Chopra yang menyebut bahwa jatuh cinta adalah sebuah kejadian spiritual. Dari sinilah sang kehidupan kemudian menarik kita tinggi-tinggi ke rangkaian realita yang oleh pikiran biasa disebut luar biasa. Di bagian lain bukunya, Chopra menulis : ‘merging with another person is an illusion, merging with the Self is the supreme reality’. Bergabung dengan orang lain hanyalah sebuah ilusi, tapi bergabung dengan sang Diri yang sejati, itulah sebuah realita yang maha utama.

Jatuh cinta sebagai kejadian spiritual, yang dituju adalah bergabungnya diri kita dengan Diri yang sejati. Ada yang menyebut Diri sejati terakhir dengan sebutan Tuhan, ada yang memberinya sebutan kebenaran, ada yang menyebutnya dengan inner life, dan masih banyak lagi sebutan lainnya. Apapun nama dan sebutannya, ketika Anda menemukannya, kata manapun tidak bisa mewakilinya. Yang ada hanya : ahhhhh !

Serupa dengan pengalaman jatuh cinta ketika kita masih muda, di mana semua unsur badan dan jiwa ini demikian kuat dan perkasanya, demikian juga dengan jatuh cinta sebagai kejadian spiritual. Ia mendamaikan, menggembirakan, mencerahkan, mengagumkan dan menakjubkan. Dan yang paling penting, semuanya kelihatan serba sempurna. Air sungai, daun di pohon, desir angin, suara ombak, wajah pegunungan, demikian juga dengan pekerjaan, keluarga, atasan, bawahan. Seorang sahabat yang kerap jatuh cinta seperti ini, pernah mengungkapkan, dalam keadaan jatuh cinta, setiap lembar daun di pohon apapun terlihat seperti sehalaman buku suci yang penuh inspirasi. Setiap hembusan angin adalah pelukan-pelukan tangan kekasih yang amat menyentuh. Setiap suara air adalah nyanyian-nyanyian rindu yang menyentuh kalbu. Anda tertarik ?

About Me My Self

Hanya seseorang yang belajar untuk mencari sesuatu yang mungkin akan menjadikannya sesuatu yang akan berguna untuk suatu hari nanti.

31. August 2005 by Me My Self
Categories: Religi | 18 comments

Comments (18)

  1. ai ai yanuar lagi in lope yee :p,pantes aja isi postinganya lope2,he he he..Nd met kenal yee!!!

  2. adek ~ lagi poling in lop ama sapa ? jadi curiga 😕

  3. very touching ! two tumbs up!!

  4. Cinta, begitu banyak definisi dibuat untuk kata satu ini. Gambaran yang ada berasal dari berbagai sudut pandang. Dari yang mempunyai pengalaman baru pertama kali, sampai kaum spriritualis dengan kemampuan membahasakan makna yang sangat dalam.

    Dari pengalaman dicintai dan mencintai yang saya punya. Cinta yang datang di hidup saya memiliki berbagai warna yang kemudian membentuk lukisan hidup saya… Untuk itu saya sungguh bersujud syukur, karena Yang Maha telah menghadirkan berbagai bentuk cinta, yang mungkin tidak semua orang diberi kesempatan seperti saya.

    Dimulai dari cinta milik orang tua sampai keduanya meninggalkan saya sendiri di dunia ini. Di campur dengan cinta 3 orang saudara-laki-laki, yang menampakkan cinta dengan caranya sendiri-sendiri. Ditambah dengan cinta orang lain, yang menyebut dirinya sekarang sebagai bekas suami. Kemudian diperkaya dengan cinta-cinta lain yang kemudian datang. Semuanya mengklaim bahwa cinta yang mereka berikan adalah cinta yang luar biasa, cinta yang besar, cinta yang baik. Terbukti alam menjadi alat penyeleksi yang hebat…

    Kata orang CINTA YANG BESAR akan dikalahkan oleh CINTA YANG LEBIH BESAR…

    Sekarang saya sedang menantikan CINTA YANG LEBIH BESAR ITU. Semoga Tuhan-saya memberikan kesempatan. Amiiin….

  5. kok religius amat ya ?

  6. pa maksudnya ?
    cara penulisan artikel bagus tapi kesannya itu religius. jadi takut !

  7. Ok. Saya sependapat bahwa kekuatan cinta yang anda maksud memang bersifat spiritual. setiap orang yang merasa jatuh cinta secara spiritual pasti akan menghilangkan sikap gengsinya, egonya dll untuk menyatu dalam kekuatan yang lebih dasyat yaitu kekuatan spiritual tadi. Apabila kita mencintai segala sesuatu yg merupakan cipta Nya, saya yakin dia akan berkorban untuk yang dicintainya secara iklas, mengalahkan emosinya dan akalnya. hanya ridlo yang kuasa yang dicarinya melalui sesuatu yang dicintainya. Selamat buat orang2 yang bisa mencintai karena ALLAH, bukan karena embel2 lain

  8. “Love gives us wing..”(Mell Gibson)
    Namun hanya cinta yang mampu membuat kita terbang meskipun tanpa sayap..
    mampu membuat kita berjalan meskipun tanpa kaki..
    dan mampu menerangi meskipun tanpa cahaya….

  9. cinta buat aku adalah sbuah makna hidup yg bisa datang kapan saja tanpa bisa ditebak. dan bila cinta itu datang aku takkan membiarkannya lewat begitu saja…. aku akan biarkannya meresap dalam jiwaku. kan kujaga slalu…. meskipun pada akhirnya dia harue pergi… karna kutau cinta yg lain akan lebih indah dari itu….. i love u all

  10. cinta adalah misteri dan penuh rasa …dup dup

  11. aha…tema cinta memang menarik untuk diungkapakan, dan cinta memang benar-benar “menyenangkan”, ketika perih dan sakit hadir dalam cinta, itu sudah pasti bukan cinta..

    suksema….

  12. Jolie! CINTA adl 5 huruf yg gada habisnya jk dibahas dan dimaknai. Tp dalam bahasa Sunda, dia merupakan sebuah singkatan.
    CINTA = Cileuh diNa maTa
    Don’t leave your life without love.
    Life is not measured by the number of breath, but by the moments that take our breath away.

  13. aku juga lg jatuh cinta kemaren wawu di tembak cewek, he..he, masak cewek di tembak cowok tp baca aja di blog aku klik nama

  14. To love is to live …. to live is to love
    Cinta yang sesungguhnya ya yang dialami bukan yang didefinisikan dengan kata-kata

    Sunandar’s last blog post..Transisi

  15. cintailah cinta karena cinta datang & pergi penuh misteri…….

  16. Cinta!!!,pada awalnya saya tidak percaya.setelah hati menyerahkan sepenuhnya kepada sang pengasih.ternyata hati ini diuji dgn sebuah ciptaaNya(perempuan).otak inipun berpikir apa yang terjadi.pikiran ini tunduk pada jiwa yang terhanyut oleh ciptaaNYA.pikiran tidak berguna bila jiwa ini sudah hanyut.karena suatu hal akhirnya hati ini harus meninggalkan pilihannya.
    sungguh maha dahsyat apa yg KAU berikan.
    Sekarang jiwa ini tau bahwa ENGKAU yang MAHA PENGASIH LAGI MAHA PENYAYANG.

  17. Chat/sms online cinta sejati dan lucu konyol 08197827772 😀

  18. cnta tuh adlh mkna pnting dlm hdup….
    klw t’mngrti cinta jngn ornh ktkan cinta….
    sbab cinta itu adlh psa’an….
    2 orng insan….
    N stiap psang’an itu….
    hruz sling mnjga prsa’an….

Leave a Reply

Required fields are marked *